Sabtu, 15 Juli 2017

GLORIA PATRI/GLORY BE TO THE FATHER/KEMULIAAN KEPADA BAPA(KEMULIAAN)

KETERANGAN:
Gloria Patri dikenal sebagai seruan atau ayat Kemuliaan. Gloria Patri adalah suatu himne singkat berupa pujian kepada ALLAH TRITUNGGAL. Doa ini sangat sering digunakan dalam berbagai liturgi Kristiani.
Ayat Kemuliaan ini dikenal juga sebagai "doksologi kecil", untuk membedakan dengan MADAH KEMULIAAN yang adalah " doksologi besar" .
Ayat Kemuliaan ini lazim diucapkan pada bagian akhir berbagai doa,baik doa resmi maupun doa spontan. Selain itu juga didaraskan pada akhir setiap bait Mazmur atau pada bagian akhir setiap madah dalam ibadat harian.
Sebagai salah satu doa pokok,ternyata Gloria Patri juga ikut menjadi salah satu dari beberapa doa eksorsisme meriah. Gloria Patri terdapat pada bagian 7c  dalam RITUS EXORCIZANDI OBSESSOS A DAEMONIO/RITE OF EXORCISM/RITUS EKSORSISME.


Teks dalam bahasa Latin:

GLORIA PATRI

Glória Patri
et Filio
et Spiritui Sancto.
Sicut erat in principio,
et nunc et semper
et in sæcula saeculórum.
Amen.

Teks dalam bahasa Indonesia:

KEMULIAAN

Kemuliaan kepada Bapa
dan Putra
dan Roh Kudus,
seperti pada permulaan,
sekarang, selalu,
dan sepanjang segala abad.
Amin

1 komentar:

  1. Shalom bapak, ibu saudara/i di manapun berada. Apakah ada diantara bapak/ ibu/ saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael? Ini adalah kalimat pengakuan iman orang Yahudi yang biasa diucapkan pada setiap ibadah mereka baik itu di rumah ibadat atau sinagoga maupun di rumah. Yesus juga menggunakan Shema untuk menjawab pertanyaan dari seorang ahli Taurat mengenai hukum yang utama. Kita dapat baca di Ulangan 6 ayat 4 dan pernah juga dikutip oleh Yesus di dalam Injil Markus 12 : 29. Dengan mengucapkan Shema, orang Yahudi mengakui bahwa YHWH ( Adonai ) Elohim itu esa dan berdaulat dalam kehidupan mereka. Berikut teks Shema Yisrael tersebut dalam huruf Ibrani ( dibaca dari kanan ke kiri seperti huruf Arab ) beserta cara mengucapkannya ( tanpa bermaksud untuk mengabaikan atau menyangkal adanya Bapa, Roh Kudus dan Firman Elohim yaitu Yeshua haMashiakh/ ישוע המשיח, yang lebih dikenal oleh umat Kristiani di Indonesia sebagai Yesus Kristus ) berikut ini Teks Ibrani Ulangan 6 ayat 4 : ” שְׁמַ֖ע ( Shema ) יִשְׂרָאֵ֑ל ( Yisrael ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֱלֹהֵ֖ינוּ ( Eloheinu ) יְהוָ֥ה ( YHWH [ Adonai ] ) אֶחָֽד ( ekhad ) ” Lalu berdasarkan halakha/ tradisi, diucapkan juga berkat: ” ברוך שם כבוד מלכותו, לעולם ועד ” ( ” barukh Shem kevod malkuto, le’olam va’ed ” ) yang artinya diberkatilah nama yang mulia kerajaanNya untuk selama-lamanya ” ). Apakah ada yang mempunyai pendapat lain?. 🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜🕯️🕍🤴🏻👑🇮🇱🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🐏🐑🐐🐂🐎🦌🐪🐫🦁🦅🕊️🐍₪

    BalasHapus